Ajak Kenali Eropa, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Hadirkan Dosen dari University of Murcia Spanyol

Selasa, 06 November 2018 19:55 WIB

Untuk dapat berkompetisi di dunia internasional, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris berkomitmen untuk bekali mahasiswa tentang wawasan negara-negara di Eropa, khususnya Spanyol. Hadir sebagai pemateri seminar di Aula BAU (1/11), Ana Mansilla Perez, Doktor di University of Murcia Spanyol.

Dalam memperkenalkan Spanyol, Anna membuka dengan mengenalkan sejarah Spanyol yang lekat dengan kerajaan Islamnya, Andalusia. Sekitar abad ke 8, Spanyol dihuni banyak Muslim Arab, namun kemudian mereka disingkirkan oleh raja yang berkuasa setelahnya Ferdinant ke 3. “Semua katedral yang ada di Spanyol adalah dahulunya masjid,” papar Anna kepada mahasiswa angkatan 2018 itu.

Selain mengenalkan histori Spanyol, Ana juga menjelaskan tentang penggunaan bahasa di negara-negara Eropa. Orang-orang Eropa di setiap negaranya memiliki bahasa pertama, namun kemudian bahasa terpenting kedua yakni Prancis, lalu German, dan Bahasa Inggris. Sehingga, orang-orang Eropa tertarik mempelajari bahasa. Dengan demikian, kemampuan bahasa orang-orang Eropa bisa diukur berdasarkan Common European Framework of Reference for Languages yang sudah cukup dikenal dengan A (basic), B (independent), dan C (proficient). Untuk itu, Ana mendorong para mahasiswa agar bisa melanjutkan studi ke Eropa melalui skema Erasmus Mundus yang dimiliki UMM.

Selajutnya, Ana yang menekuni bidang cognitive linguistics tersebut juga berbagi ilmu tetang bagaimana bahasa itu dipelajari. Kemampuan kognitif berkaitan erat dengan proses mental (mental process). Dalam memahami makna, kemampuan kognitif seseorang terkait erat dengan pengalaman, budaya, indra, pun kinestetik. “Jadi, ketika kita berbicara, ada mekanisme di dalam otak kita yang mengontrol itu,” jelas Ana dihadapan mahasiswa semester 5 itu.

Selain kepada mahasiswa, Ana yang konsen meneliti tentang discourse, cognitive linguistic, dan corpus linguistic itu juga melatih dosen-dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris tentang pengajaran Phraseology yaitu pengajaran idiom, collocation, dan proverb dalam pembelajaran Bahasa Inggris di American Corner (30/10). (raf)

Shared: