Akreditasi A, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM Siapkan Lulusan Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

Kamis, 20 Desember 2018 21:06 WIB

Dengan raihan nilai akreditasi A yang secara resmi telah di umumkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK:3445/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018 tanggal 20 Desember lalu semakin memantapkan langkah Program Studi (Prodi)  Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam menyiapkan generasi milenial menjadi guru profesional.
 
Saat ini, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM digawangi oleh dosen dengan kualitas doktor dan magister dalam bidang linguistik, pendidikan bahasa, kurikulum pendidikan bahasa, teknologi pendidikan bahasa dan evaluasi. Sesuai Visi Prodi, menjadi Prodi yang terkemuka di tingkat Internasional dalam penyelenggaraan Pendidikan Bahasa Inggris berdasarkan nilai-nilai keprofesionalan dan keIslaman, diharapkan alumni siap menghadapi era revolusi industri 4.0.
 
Lebih lanjut,  Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM, Bayu Hendro Wicaksono, bahwa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris akan terus meningkatkan kualitas pengelolaan Prodi melalui langkah-langkah strategis. "Lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris harus siap menghadapi arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke Indonesia. Tentunya harus dibarengi dengan peningkatan kemampuan lulusan dalam menggunakan teknologi yang semakin canggih" jelas doktor lulusan University of South Australia ini.  
 
Mahasiswa telah dikenalkan dengan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran dengan sistem daring. Beberapa dosen telah ikut Massive Open Online Learning (MOOC)  yang prinsip-prinsipnya dapat dikenalkan pada mahasiswa. "Seluruh dosen tetap prodi Bahasa Inggris juga sudah familiar dengan pembelajaran daring dengan pembelajaran hybrid atau blended learning karena prodi juga mengelola PPG baik pra jabatan maupun dalam jabatan," pungkas kaprodi yang juga ahli teknologi pendidikan ini. 
 
Saat ini lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM telah banyak tersebar dalam dunia kerja, tidak hanya dalam bidang pendididikan, tapi juga dalam bidang jasa yang lain. Paling tidak bidang penterjemahan, perhotelan, dan administrasi profesional telah banyak diduduki oleh alumni. 
 
Terbaru, calon wisudawan diikutkan dalam asesmen Sertifikasi Profesi Tenaga Administrasi Profesional yang diterbitkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UMM. 
 
Selain berkualifikasi sesuai bidangnya, ke depan lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang merupakan digital native ini, harus mampu bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain baik di dalam maupun luar negeri. Tentunya sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh stakeholder. (Rin)
 
 
Banner Akreditasi A Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di depan gedung Perpustakaan Pusat UMM.

Shared: