ELMO 2019, Pameran Media Pembelajaran Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM

Rabu, 18 Desember 2019 21:20 WIB

Untuk kedua kalinya Prodi Pendidikan Bahasa Inggris selenggarakan pameran media pembelajaran, ELMO (English Learning Media Expo) di GKB I lt. 3,5 (18/12). Kegiatan ini merupakan projek akhir dari mata kuliah Sumber Belajar dan Media Pembelajaran yang diampu oleh Laela Hikmah Nurbatra, M.A., M.EdLead dan Rahmawati Khadijah Maro, M.Ed.

Diantara media yang dikembangkan oleh mahasiswa semester lima adalah media berbasis IT, printed media seperti scrapbook, dan juga augmented reality. Beberapa media yang dikembangkan diantaranya Nusantara Cake yang menjadikan bika ambon sebagai realia untuk mengetahui bahan masakan dalam bahasa Inggris sekaligus cara membuatnya, aplikasi SHUBUU untuk latihan kemampuan listening dimana audio bisa didengarkan melalui telpon seluler, mengetik jawaban, dan hasil jawaban seketika diperoleh.

Mengusung tagline When Media Meets Creativity, kegiatan ini direspon positif oleh Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, Bayu hendro Wicaksono. “Saya melihat ada banyak potensi mahasiswa dalam mengembangkan media pembelajaran bahasa Inggris yang kemudian bisa dilanjutkan dengan penelitian bersama hasil produk mahasiswa ini menjadi hibah penelitian dan skripsi,” pungkasnya.

Laela Hikmah Nurbatra, M.Ed.,M.EdLead menargetkan bahwa setiap mahasiswa akan memiliki pengalaman belajar mengembangkan media sehingga ketika nanti menjadi seorang guru bisa membantu siswa dalam menjelaskan materi pelajaran.

Hal senada juga disampaikan oleh Rahmawati Khadijah Maro, M.Ed. bahwa melihat antusias mahasiswa dan pengunjung ekspo, ia menargetkan agar kegiatan ini bisa mulai dibuka untuk public sehingga tidak hanya menjadi konsumsi akademisi kampus melainkan juga sekolah-sekolah di Malang Raya. Dengan demikian, kegiatan ini akan memiliki dampak yang lebih luas. (raf)

Thatit Manon Andini, M.Hum. mencoba aplikasi SHUBUU untuk materi listening.

Suasana pameran media pembelajaran, ELMO 2019.

Nusantara Cake, media karya mahasiswa semester lima.

Shared: