Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Muhammadiyah Malang

Let's have fun with English: Praktek Pembelajaran Bahasa Inggris Anak di UMM

Author : Administrator | Selasa, 01 Juni 2010 16:12 WIB

English for Young Learners (EYL) merupakan mata kuliah pilihan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (JPBIng) UMM. EYL adalah mata kuliah pilihan yang fokus pada pembelajaran B.Inggris untuk anak usia Sekolah Dasar (SD). Pada tahun ini, jumlah mahasiswa yang mengikuti praktek mengajar EYL melonjak dua kali lipat dari jumlah pada tahun-tahun sebelumnya. Jumlah itu mencapai seratus mahasiswa yang kesemuanya diharapkan mengikuti praktek mengajar di akhir perkuliahan.

Mata Kuliah EYL harus diselesaikan dalam 3 semester, yaitu : EYL 1 (pada semester 6), EYL 2 (pada semester 7) dan EYL 3 (pada semester 8). Pada EYL 1 dan 2, mahasiswa dibekali dengan teoti dan praktek persiapan pengajaran, sedangkan pada EYL 3, mereka harus mengikuti praktek mengajar. Dalam hal ini,  JPBIng UMM melakukan inovasi dimana mahasiswa tidak diwajibkan praktek mengajar di SD – SD yang sudah ada, tetapi diharuskan untuk membuka kelas sendiri layaknya sebuah sekolah.

Pada semester ini, praktek mengajar dimuali pada 4 April 2010 dan berakhir pada 6 Juni 2010. Mahasiswa/Guru Praktek berhasil membuka 5 kelas (kelas 1, 2, 3, 4, dan gabungan 5-6)  dengan jumlah rata-rata masing-masing kelas adalah 25 siswa. Siswa yang berasal dari macam-macam SD yang ada disekitar Kampus UMM sangat antusias sekali untuk mengikuti pembelajaran yang diselenggarakan oleh mahasiswa EYL karena pembelajaran yang dilakukan berbeda dengan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Mereka belajar bahasa Inggris dengan model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan  menyenangkan. Pembelajaran ini memberikan pengalaman lebih bagi siswa untuk dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Sehingga, siswa merasa seperti belajar bahasa mereka sendiri.

Pada hari minggu, tanggal 6 Juni 2010 adalah hari terakhir bagi mahasiswa untuk praktek mengajar. Pada hari tersebut akan dilaksanakan acara penutupan kelas yang bertajuk Art Performance. Acara tersebut adalah sebuah refleksi dari pembelajaran yang telah dilakukan. Art Performance merupakan acara dimana para siswa dari tiap kelas harus menampilkan kebolehan mereka dan tentu saja harus berbahasa Inggris. Hal ini ditujukan untuk mengetahui hasil dari pembelajaran yang telah dilakukan. Acara yang akan dilaksanakan pukul 08.30 - 11.00 BBWI akan dihadiri para wali murid agar mereka juga dapat mengetahui hasil belajar anak-anaknya secara langsung.

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image