Maba Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Siap Hadapi Tantangan Global

Rabu, 26 September 2018 12:10 WIB

Efek globalisasi yang kian tak dapat dibendung membuat banyak pihak berpikir kreatif menentukan arah kebijakan, terutama dalam dunia pendidikan. Untuk itu, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengadakan General Lecture dengan mendatangkan Dr. Masduki, M. Pd. sebagai pemateri kunci di Aula GKB III (25/9).

Globalisasi menjadi tantangan bagi masyarakat Indonesia. Kontrol negara asing terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia sudah begitu kentara, contoh konkretnya soal makanan dan cara makan. “Adapun di bidang pendidikan, penggunaan kurikulum di beberapa sekolah kini sudah menggunakan standar asing begitupun dengan standar tes, kini banyak persayaratan akademis mengharuskan penggunakan tes dengan brand asing seperti TOEFL dan IELTS,” jelas Masduki.

Memilih Prodi Pendidikan Bahasa Inggris tentu bukan sebuah pilihan yang tanpa tujuan atau cara mewujudkan cita-cita orang tua. Melainkan, belajar bahasa Inggris merupakan sebuah investasi, manpower investment. Kedepan, lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris tidak hanya akan bersaing dengan lulusan lokal tapi juga dengan pekerja asing yang sekarang ini jumlahnya semakin masif di Indonesia. “Pekerjaan yang Anda geluti sekarang bisa jadi akan hilang di masa depan karena segala sesuatu di masa depan membutuhkan skill baru,” terang Masduki yang merupakan Direktur Lembaga Bahasa UMM itu.

Untuk itu, Masduki menekankan kepada sekitar 250 mahasiswa baru yang hadir pada kesempatan tersebut untuk memiliki karakter yang kuat dan senantiasa membekali diri dengan berbagai keterampilan, salah satunya bergabung dengan berbagai organisasi yang ada di kampus dan juga melibatkan diri dengan kegiatan yang mengasah soft skill.

Selaras dengan itu, Roman, pengajar Bahasa Inggris yang berasal dari Ukraina juga membekali maba dengan pentingnya penguasaan bahasa Inggris di skala internasional. (raf)

Dr. Masduki, M. Pd menyajikan materi cara menghadapi tantangan global di hadapan mahasiswa baru Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Roman Pavliuk, pengajar Bahasa Inggris dari Ukraina, menjelaskan pentingnya penguasaan Bahasa Inggris di skala internasional.

Shared: