Mengejar Beasiswa Luar Negeri Tak Sesulit yang Dibayangkan

Kamis, 07 Mei 2020 04:46 WIB

Fasilitasi mahasiswa aktif di semester genap 2019/2020 kejar beasiswa Luar Negeri (LN), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakults Keguruan dan Ilmu Pendidikan selenggarakan Ngabuburit Talk pada Rabu (6/5). Sharing session kali ini menghadirkan Yunita Rahmasari, alumnus Prodi yang sukses meraih beasiswa Australia Awards Indonesia (AAI) di University of Melbourne Australia. 

Melalui kanal Instagram live, sharing session diikuti oleh 90-115 penonton. Dalam pernyataannya, Tata, begitu pemateri biasa disapa, mengungkapkan bahwa beasiswa AAI tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang aktif diorganisasi saja seperti yang umumnya dipersyaratkan oleh beasiswa LN. AAI memfasilitasi mahasiswa yang memiliki hobi dan talenta di luar itu, seperti hobi memasak atau hobi lain. Kuncinya mahasiswa bisa menunjukkan konsistensi hobinya dan mengaitkannya dengan kebermanfaatannya bagi masyarakat.

“Adek-adek tidak perlu khawatir jika tidak tergabung di dalam organisasi tertentu saat kuliah, saya pun saat kuliah tidak sama sekali tercatat sebagai anggota organisasi di kampus. Cukup Anda mengeksplor minat yang dimiliki dalam berkas yang Anda kirimkan dan yakinkan interviewer saat sesi wawancara apa kontribusi dari minat Anda,” papar Tata, perempuan yang dengan hobi nge-bentonya pernah mendapat hadiah trip ke Jepang itu.

Selain itu, Tata menekankan bahwa dalam beasiswa AAI akan diberi pelatihan bahasa selama kurang lebih 3 sampai 9 bulan di Jakarta atau Bali. Jadi, calon penerima beasiswa tidak perlu khawatir tentang biaya persiapan bahasa yang notabene mahal, karena AAI akan memfasilitasi itu semua. Walau demikian, bekal kemampuan bahasa Inggris tetap harus dipersiapkan oleh calon pelamar beasiswa LN.

Di akhir sesi acara yang dimoderatori oleh Erlyna Abidasari, M.A., M.Ed, penonton pun semakin antusias dengan memberikan komentar positif terhadap sharing session itu. Tiga penonton terpilih mendapatkan hadiah dari Prodi karena komentarnya yang positif dan menarik dalam live chat. raf

Yunita Rahmasari (bawah) dalam acara Ngabuburit Talk dengan moderator Erlyna Abidasari, M.A.,M.Ed (atas)

Shared: