MENJAGA MOTIVASI ADALAH KUNCI PRESTASI

Jum'at, 08 Juni 2018 10:29 WIB  

Dara manis bernama lengkap Heny Aprillia nampak sumringah ketika mendapat ucapan selamat dari Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PPBIng) via telpon. Mahasiswi PPBIng angkatan 2015 ini baru saja mengharumkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan juga PPBIng setelah menyabet juara 1 Roro Muslimah Malang (Heritage Ambassador of Malang) 2018. Sebuah capaian yang luar biasa membanggakan.

 

Sebenarnya Roro Muslimah bukanlah satu-satunya prestasi gadis yang piawai melukis ini. Ada banyak capaian luar biasa yang telah dia torehkan, diantaranya “Painting in English Cup” dua kali dia sabet tahun 2015 dan 2016  masing masing sebagai Juara 1 dan Runner Up. April, begitu biasanya teman-temannya memanggil, adalah gambaran ideal mahasiswa masa kini  yang bukan hanya mempunyai deretan prestasi non-akademik tapi juga akademik. Terbukti, saat ini April masuk tiga besarIPK tertinggi sementara di Prodi Pendidikan BahasaInggris. Lebih jauh, sebagai Mahasiswa PPBIng, dia merupakan mahasiswa yang aktif dan cukup menonjok secara akademik dikelas dan hal itu di amini oleh beberapa bapak ibu dosen pengajar. “Henny, anaknya smart, sopan dan aktif di kelas” Ungkap Estu Widodo, pengajar PPBIng yang pernah mengajar April.

 

Metode pengajaran “Collaborative Learning”, yang banyak diadopsi oleh Bapak-Ibu Dosen PPBIng, diakui April, yang pernah aktif di Badan Dakwah Islam ketika duduk di bangku SMU ini, berperan signifikan dalam pembentukan dan peningkatan daya kritis serta kecerdasan  afektifnya. Dua hal ini, menurut April, bekal utama yang dia selalu gunakan ketika mengikuti berbagai kompetisi.

 

Sebagai generasi milenial, adalah lumrah piawai IT karena mereka memang lahir dan tumbuh di era komputer, Internet dan gadget. Tapi, mahasiswi, yang aktif di  forum komunikasi taman baca malang rayatahun 2017, ini beyond IT user karena dia berinovasi  dengan mengintegrasikan IT dengan Bahasa Inggris. Hal itu dibuktikan dengan rencana April untuk mengajarkan IT, khususnya Microsoft Office, kepada teman-teman di kampungnya menggunakan media pengantar Bahasa Inggris ketika menjelaskan. Hasilnya jelas, peserta mengantongi dua keuntungan sekaligus (mahir microsoft office dan Bahasa Inggris).

 

April adalah manifestasi nyata potensi diri akan maksimal ketika berada dilingkungan yang tepat. April mengakui Prodi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan lingkungan akademis yang tepat karena para pengajar PPBIng yang begitu bervariasi dalam penerapan metode pengajaran dan evaluasi. Dampak positif dari itu semua optimalisasi kompetensi dan potensi para siswa. Itu jelas tergambar dari prestasi yang ditorehkan April.

 

Diwaktu senggangnya gadis manis, yang juga aktif sebagai Sekretaris Karang Taruna (kegiatan pemuda kemasyarakatan), lebih sering dia habiskan untuk membaca novel dan berkebun. Dalam pesan singkatnya via WA ketika ditanya kunci keberhasilan yang gilang- gemilang baik akademik dan non-akademik, April mengatakan teruslah gali potensi dan tingkatkan motivasi untuk akselerasi kemampuan diri. (Al)

Shared: