Pelatihan NVivo 12 Plus, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM Targetkan Jurnal Bereputasi Internasional

Jum'at, 20 Desember 2019 20:30 WIB

Dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan pelatihan Artificial Intelligence dan NVivo 12 Plus bagi dosen Prodi di Ruang Sidang FKIP 614 (19-20).

Salahudin, M.Si, dosen Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UMM didapuk sebagai pemateri utama. Ia menjelaskan bahwa di era keterbukaan informasi seperti saat, data dimanfaatkan pada banyak aspek kehidupan kita, khususnya Pendidikan. Dalam dunia Pendidikan, teknologi pengolahan data secara massif telah diciptakan. NVivo menjadi salah satu alat analisis data penelitian kualitatif. Berbeda dengan penelitian kuantitatif yang selama ini alat uji validitasnya sudah diakui, melalui NVivo, penelitian sosial kini juga memiliki alat ukur uji validitas. "Melalui NVivo 12 Plus ini banyak sekali fitur pengolahan data dan analisa yang bisa dilakukan dengan cepat dan tepat sehingga akan sangat membantu peneliti dalam efisiensi waktu dan tenaga," pungkas lelaki yang saat ini sedang melakukan studi di UMY itu.

Selama dua hari, pelatihan NVivo meliputi manajemen referensi, manajemen klasifikasi data, manajemen Nodes dan Case, analisis dan visualisasi data, dan diskusi hasil pengumpulan artikel. Selanjutnya, pelatihan ini akan diikuti oleh kegiatan mentoring/coaching dimana dosen telah menyiapkan bahan kajian untuk dianalisa sampai bisa terbit ke jurnal bereputasi.

Adapun luaran dari pelatihan ini adalah pengelompokan penelitian dosen dan mahasiswa. Dengan ini, Bayu Hendro Wicaksono, Ph.D, Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM, berharap bahwa penelitian dosen Prodi akan meningkat kualitasnya. “Kedepan, dosen Prodi dituntut untuk produktif melakukan penelitian yang terbit di jurnal internasional sehingga memiliki dampak individu dan institusi, papar Bayu. (raf)

 

Bayu Hendro Wicaksono, Ph.D memberi pengantar pelatihan NVivo di Ruang Sidang FKIP 614.

 

Peserta pelatihan berlatih menganalisa data  dengan NVivo 12 Plus Crosstab.

 

Peserta pelatihan NVivo berpose bersama dengan pemateri, Salahudin, M.Si.

Shared: