Weekly Discussion Fasilitasi Dosen dan Mahasiswa Diskusi Ilmiah

Selasa, 27 Maret 2018 20:56 WIB  

Sebagai institusi akademik, universitas menjadi wadah bagi para akademisi bertukar ide. Untuk itu, setiap akademisi dituntut untuk selalu memperbaharui informasi terkait keilmuan yang dimiliki. Bertempat di American Corner Gedung Perpustakaan Pusat Lt.3, Weekly Discussion yang diadakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UMM di setiap Senin hadir sebagai forum yang memfasilitasi kegiatan ilmiah tersebut.

Teguh Hadi Saputro, dosen Prodi PBI lulusan Victoria University of Wellington New Zealand yang sekaligus inisiator kegiatan tersebut, menyatakan keinginannya untuk membangun atmosfer akademik di kalangan civitas akademika di Prodi PBI. “Ada banyak sekali jurnal dan topik bahasan di bidang bahasa yang layak untuk dikaji. Saya ingin dosen dan mahasiswa bisa saling bertukar pikiran terkait keilmuan yang digeluti,” terangnya.

Dimulai sejak Mei 2015, hingga saat ini (26/3) weekly discussion telah menyelenggarakan diskusi selama 86 kali. Setiap pekannya, terdapat setidaknya dua penyaji yang memaparkan ide. Para penyaji biasanya mempresentasikan proposal atau hasil penelitiannya. Bahkan, penyaji bisa juga sekadar berbagi informasi dengan mengangkat satu topik untuk didiskusikan. Beberapa topik yang telah dibahas diantaranya English as International Language, Content and Language Integrated Learning, Task-based Lesson, dan Assessment.

Adapun penyaji datang dari kalangan dosen, mahasiswa sarjana dan pascasarjana UMM maupun dari luar UMM. Mulyanti Suhartinah, salah satu alumnus UMM yang pernah menyajikan penelitiannya mengaku mendapatkan banyak masukan terkait metode penelitian. “Feedback dari audience membuat saya merefleksikan kelemahan dan kekuatan yang ada pada penelitian saya. Karena penelitian saya adalah penelitian payung, yang mana memiliki kesamaan topik dengan beberapa teman dan hanya berbeda subjek saja, sungguh sangat riskan jika tidak berhati-hati mencermatinya,” tandas perempuan yang kini mengajar di salah satu sekolah menengah di Sidoarjo itu.

Ke depan, Teguh ingin agar lebih banyak lagi partisipasi dari civitas akademika Prodi PBI, sehingga diskusi bisa lebih bervariasi dan tajam. Selain itu, Teguh juga berharap mimpinya untuk menyelenggarkan workshop diskusi ilmiah bisa terwujud dalam waktu dekat. (raf)

Teguh Hadi Saputro menjelaskan jalannya diskusi kepada peserta pada weekly discussion ke 46.

Mulyanti Suhartinah dan Wira Higmawati sedang menyimak tanggapan penelitiannya dari peserta diskusi.

Shared: