Malang (18/05/2023), Center of Excellence (CoE) English for Hospitality UMM adakan praktek belajar secara langsung. Acara tersebut merupakan bentuk aplikasi langsung dari ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama KBM di kelas. Kegiatan yang melibatkan sejumlah mahasiswa semester 6 dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris tersebut dilaksanakan di tiga hotel ternama di daerah Batu, yaitu Aston Inn Batu, Samara Resort dan The Onsen Hot Spring Resort.
CoE English for Hospitality, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM merupakan program intensif yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir kreatif dan inovatif dalam dunia kewirausahaan. Mahasiswa akan dibekali dengan kemampuan mengidentifikasi permasalahan dalam mengembangkan bisnis, merencanakan, mengorganisasi, hingga mendistribusikan bisnis melalui strategic planning. Program ini merupakan bagian dari percepatan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan atas kolaborasi Prodi dengan para profesional di dunia usaha dan industri kerja. Tak hanya lulus tepat waktu, program tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di dunia kerja secara langsung.
Praktek langsung di tiga hotel tersebut bertujuan untuk membekali mahasiswa sebelum melaksanakan On the Job Training (OJT) yang dilaksanakan beberapa bulan kedepan. Mahasiswa dibagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan departemen yang mereka pilih, dari kelompok tersebut, masing – masing kelompok secara bergantian selama dua minggu ditempatkan di hotel yang berbeda. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan potensi mahasiswa untuk menyerap pengalaman sebanyak mungkin di tiga hotel dengan konsep dan lingkungan kerja yang berbeda.
Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris beserta dosen praktisi dari managerial hotel
Benny Delle Bintang Ananta, selaku mahasiswa CoE English for Hospitality yang magang di departemen front office and house keeping Aston Inn hotel mengungkapkan “Prospek kerja di dunia hospitality cukup menarik karena menjadi salah satu pilihan utama. Selain itu, pengalaman tersebut tidak hanya bisa diaplikasikan di lingkungan hotel, tapi juga bisa untuk profesi lain,” Tuturnya saat diwawancarai. Dirinya juga menemukan kesulitan, terkait penyesuaian dengan SOP dan pembiasaan fisik waktu awal magang. Beberapa mahasiswa lain juga menanggapi program ini secara positif, diantaranya Rizki Akbar Akronim, mahasiswa yang magang di departemen front office Samara Resort menceritakan “Program ini adalah langkah awal untuk mengejar karir yang saya tuju, menurut saya kegiatan ini perlu dilestarikan untuk membantu mahasiswa mendapatkan pekerjaan langsung sebelum atau setelah lulus kuliah.” Ungkapnya. frz/ed_rya