Peduli terhadap pengajaran Bahasa Inggris anak-anak (English for Young Learners), dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM berkolaborasi gagas buku Dialogic Reading yang diterbitkan oleh UMM Press.
Akademisi dan kompetensi akademik adalah dua sisi terikat erat dari seorang dosen. Hal itu juga diamini oleh para pengajar Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM. Untuk itu, para dosen Prodi senantiasa memberikan yang terbaik dalam proses pembelajaran dan selalu berkarya guna kemajuan pendidikan di Indonesia. Kali ini kontribusi nyata kembali ditorehkan oleh dewan pengajar eLed UMM. Para dosen tersebut adalah Dr. Fardini Sabilah, M.Pd. Rina Wahyu Setyaningrum, M.Ed., Riski Lestiono, M.A, Erlyna Abidasari, M.A., M.Ed., dan Lailatul Rif’ah, M.Pd. Mereka berkarya lewat buku berjudul “Dialogic Reading: Pedoman Pembelajaran Membaca Sambil Berdialog”. Buku ini adalah salah satu buku yang tepat untuk dijadikan rujukan dalam pembelajaran dan pengajaran Bahasa Inggris anak-anak(EYL) karena isi bukunya yang mudah dipahami dengan pembahasan yang ringan namun cukup komprehensif.
Di Prodi, Dr. Fardini Sabilah, M.Pd., Rina Wahyu Setyaningrum, M.Ed., Riski Lestiono, M.A., Erlyna Abidasari, M.A., M.Ed., dan Lailatul Rif’ah, M.Pd. adalah nama-nama yang tidak asing untuk bidang kepakaran EYL. Mereka adalah para experts di bidang tersebut mengingat sudah cukup banyak karya-karya dari mereka di bidang EYL baik berupa buku, modul, karya ilmiah maupun media pembelajaran. Karya-karya nyata dari mereka dan dosen-dosen Prodi dibidang EYL menjadikan EYL salah satu program unggulan dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris karena program ini cukup unik, menarik, serta menyenangkan. Lebih menarik lagi, program ini hanya dimiliki oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM yang tidak ada di kampus-kampus lain di wilayah Malang. Untuk itu, EYL merupakan salah satu mata kuliah primadona para mahasiswa ketika memilih penjurusan mata kuliah.
Salah satu penulis buku “Dialogic Reading: Pedoman Pembelajaran Membaca Sambil Berdialog”, Riski Lestiono, M.A yang juga maestro di bidang penerjemahan, menegaskan bahwa produktifitas dari para pengajar Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM tidak lepas dari kemudahan dan dukungan baik dari universitas maupun dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris lewat pengadaan workshop, seminar, fasilitas-fasilitas pendukung, serta referensi-referensi yang memadai. Ini membuat para dosen terpacu untuk memberikan kontribusi ilmiah terbaiknya.
Hal tersebut menjadi bukti nyata bahwa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM selalu melangkah maju untuk meningkatkan kualitas para pengajar, pembelajaran, serta pengajarannya. Hal ini teridentifikasi jelas yang salah satunya melalui keteraturan serta kualitas karya-karya yang dihasilkan oleh para dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM. Maka, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM merupakan salah satu jurusan yang terdepan dalam karya cipta ilmiah.
Writer/ Editor: Al/Rfk