Sebagai Wadah Aspirasi Mahasiswa: Dialog Akademik Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM Sukses digelar

Sabtu, 13 Januari 2024 18:03 WIB   Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Jembatani aspirasi, pemikiran, dan harapan mahasiswa, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) ESA Progessio selenggarakan dialog akademik guna tingkatkan jaminan mutu layanan akademik. Kegiatan yang bertema “Speak up Your Thoughts, Share Your Perspectives” ini berlangsung Sabtu (13/01) di Aula Gedung Kuliah Bersama (GKB) 4 lantai 4, UMM kampus 3.

Jajaran Pimpinan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris beserta mahasiswa 

Dialog akademik merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap semester untuk mengevaluasi proses pembelajaran selama satu semester. Pada kesempatan kali ini, sesi dialog terbagi menjadi dua, sesi pertama ditujukan untuk angkatan 2023 dan 2022, sementara sesi kedua untuk angkatan 2021 dan 2020. Problematika yang disorot pada sesi kedua meliputi masalah komunikasi dosen dengan mahasiswa, lalu soal jadwal perkuliahan, jumlah pengambilan mata kuliah, hingga usulan untuk meningkatkan minat publikasi mahasiswa.

Tak hanya wadahi aspirasi, permasalahan yang muncul akan ditindaklanjuti pada forum rapat akademik dosen. Maka dari itu, diperlukan survey dengan “pendekatan kualitatif” melalui angket dan “kuantitatif” melalui dialog ini agar lebih komprehensif. Lebih lanjut, Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, Drs. Jarum, M.Ed. paparkan “Dialogue akademik ini penting untuk seluruh civitas akademika Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, sehingga Prodi tetap bisa mempertahankan pelayanan yang terbaik untuk mahasiswa. Harapannya mahasiswa juga memaksimalkan fasilitas-fasilitas yang telah disediakan”.

Hazmi Rahma Dinda, mahasiswi angkatan 2021 yang turut hadir ungkap kesannya mengikuti acara ini, “Saya merasa terbantu untuk menyampaikan usulan dan problematika yang dirasakan, saya berharap kegiatan semacam ini akan terus diadakan, sehingga dosen dapat mengetahui keresahan mahasiswa di setiap semester untuk improvisasi pembelajaran kedepan”. (DnD/ed_rya)

Shared: