Tingkatkan Internasional Akademik Atmosfer: Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM Kembali Selenggarakan Guest Lecture

Sabtu, 08 Juli 2023 21:54 WIB   Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Malang (08/07/2023), segenap civitas akademika Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM kembali adakan acara Guest Lecture secara daring melalui aplikasi Zoom secara serentak. Acara yang bertajuk “Misguided Beliefs & Practices In ELT” ini merupakan agenda rutinan yang dilaksakan oleh prodi dengan dosen tamu Dr. Willy A Renandya sebagai Keynote Speaker sekaligus Principal Lecturer di Nanyang Technological University Singapore.

Dr Willy Renandya memberikan pemaparan singkat tentang lima Faulty Beliefs and Practices in EFL berdasarkan hasil research terkini

Bukan hanya mahasiswa, acara yang dikuti kurang lebih 190 peserta ini juga diikuti oleh alumni dan guru sekolah dari berbagai daerah. Agenda diawali dengan pembukaan oleh Kharisma Naidi Warnanda S, M.pd. sebagai MC sekaligus dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM dan sambutan dari Drs. Jarum, M.ed selaku Kepala Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, lalu dilanjutkan  penyampaian materi oleh Dr. Willy A Renandya sebagai Keynote Speaker sekaligus Principal Lecturer di Nanyang Technological University Singapore. Acara diakhiri dengan sesi diskusi tanya jawab dan dokumentasi.

Jarum mengungkapkan pandangannya terkait acara ini dalam sambutannya, “Acara ini saya kira penting, participants can get new experience about latest English teaching method. Karena nantinya kalian juga akan menjadi guru untuk masa depan Indonesia kedepannya.” Pada sesi penyampaian materi Willy selaku Keynote Speaker menjelaskan masalah dan solusi yang seringkali dihadapi pengajar saat menyampaikan materi Bahasa inggris. “Don’t over teach grammar, allow your students to learn grammar implicitly.” Ungkap willy yang juga merupakan penulis buku English Language Teaching Today. Dirinya menegaskan guru Bahasa Inggris di tingkat universitas sebaiknya jangan terlalu fokus menghabiskan waktu pembelajaran di kelas untuk membahas grammar yang jarang digunakan dalam percakapan sehari - hari.

Guru atau dosen harus menstimulasi peserta didik untuk belajar grammar secara implisit melalui kegiatan yang dapat memiliki exposure English vocabulary seperti extensive reading activities dan other guided individual learning process at home. Seperti yang dikutip dari Loewen (2014) “The ability to produce language relatively easily for communicative purposes draws heavily on implicit knowledge”, Willy juga mencontohkan beberapa kegiatan untuk meningkatkan efektifitas kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris di kelas.

Beberapa mahasiswa menyambut positif kegiatan tersebut, Muhammad Akhirudin Soleh selaku peserta sekaligus mahasiswa semester 6 Prodi Pendidkan Bahasa Inggris mengungkapkan, “Acaranya sangat menarik dan speaker nya pun menjelaskan materi dengan baik, singkat, dan jelas. Menambah wawasan baru tentunya, apalagi hal ini mempunyai kaitan dengan jurusan yang saya miliki.” Ujarnya nya saat diwawancarai. frz/ed_rya

Para peserta Guest Lecture “Misguided Beliefs & Practices In ELT” (08/07/2023)

Shared: