Berawal dari keinginan kembangkan metode ajar Intercultural Language Teaching yang inovatif saat menempuh studi S3, Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Malang, Dr. Fardini Sabilah, S.Pd., M.Pd publikasikan artikel Designing the Intercultural Teaching Using “Dialogic Reading” Strategies for the English Students at Primary Schools di jurnal e-Journal of Linguistic (eJL) pada 2018 lalu.
Dalam penelitiannya di SDN Bunulrejo 2 Malang, Fardini lakukan kolaborasi bersama Prof. Dr. Sujiati Beratha, MA, Made Budiarsa dan Ida Bagus Putra Yadnya dari Universitas Udayana Bandung untuk rancang pedoman "Dialogic Reading" dalam pengajaran bahasa Inggris di SD berdasarkan Kurikulum 2013.
Fardini yang juga menjabat sebagai Kepala Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah (LPPI) UMM jelaskan, Dialogic Reading adalah teknik belajar interaktif dengan metode pertanyaan pemantik sederhana melalui cerita bergambar untuk latih keterampilan baca dan kemampuan bahasa anak.
“Karena kurangnya pemahaman vocabulary dan struktur kalimat, anak akan kesulitan jika dituntun belajar secara konvensional. Dialogic Reading dapat jadi alternatif karena terdapat interaksi antara guru dan murid untuk sama - sama membaca dan memahami cerita yang dibacakan.” Terangnya.
Di sisi lain, fardini temukan beberapa tantangan dalam implementasi rumus CROWD Question yang digunakan dalam metode ini. “Tantangan nya membuat pertanyaan sederhana tapi mudah dimengerti, seperti misal Why mister black wants to arrest the crocodile in the forest, dapat dipersingkat dengan Why mister black hates crocodile?” Ujarnya saat diwawancarai.
(Buku panduan Dialogic Reading karya dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM)
Lebih lanjut, setelah lakukan beberapa penelitian terkait metode ini, Fardini bersama beberapa dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM terbitkan buku “Dialogic Reading (Pedoman Pembelajara Membaca Sambil Berdialog).” Hal tersebut jadi bukti bahwa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM selalu melangkah maju untuk tingkatkan kualitas pembelajaran melalui karya-karya yang dihasilkan oleh para dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMM. (Frz_ed)