Menarik! Guest Lecture Linguistik Terapan dan TESOL dengan Pembicara dari Tongren University, China

Senin, 28 Juni 2021 13:59 WIB   Administrator

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang pada 25 Juni 2021 menyelenggarakan kuliah tamu atau guest lecture secara virtual dengan pembicara dua dosen dari Tongren University, China, yaitu Xue Luo, Ph.D. dan Ping Wang, Ph.D. dan dihadiri dengan antusias oleh para dosen dan mahasiswa Prodi.

Xue Luo menyampaikan hasil penelitiannya dengan topik “Corpus-Assisted Language Learning”. Dalam paparannya, dia menjelaskan hasil penelitiannya berupa korpora dan mempersuasi peserta akan kegunaan melakukan penelitian berbasis korpus tersebut. Menurutnya, penggunaan korpus dapat membantu pembelajaran writing, mulai dari writing yang sederhana hingga writing yang lebih kompleks, yaitu sentence writing, paragraph writing, essay writing, dan thesis writing. Sehingga, hal ini dapat dimanfaatkan baik oleh mahasiswa maupun dosen. Bagi mahasiswa, mereka bisa mengeksplor dan mengembangkan tulisan mereka melalui korpus ini, sedangkan dosen bisa menggunakan korpus sebagai bagian dari materi ajar writing.

Berikutnya, Ping Wang menyampaikan materi dengan topik “English as a Medium of Instruction in Higher Education”. Dia menyampaikan, English as a Medium of Instruction (EMI) digunakan dalam konteks akademik dan berfokus pada konten. Dalam pelaksanaannya, EMI dapat digunakan secara penuh, sebagian, maupun bilingual.

Guest lecture ini diselenggarakan untuk memperluas pemahaman dan keilmuan dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang dalam linguistik terapan Bahasa Inggris pada dunia pendidikan Bahasa Inggris dan TESOL (Teaching English to Speakers of Other Languages),. “Kami berharap dosen dan mahasiswa dapat mengambil manfaat yang besar dari guest lecture kali ini, utamanya dalam linguistik terapan dan TESOL dan juga dapat mempererat hubungan antara Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, UMM, dengan Tongren University, China,” ujar Puji Sumarsono, Sekretaris Prodi. Seperti diketahui, prodi Pendidikan Bahasa Inggris di bawah Universitas Muhammdiyah Malang sejak tahun 2017 telah menjalin kerjasama dengan Tongren University, China, dalam bidang pengajaran, penelitian, dan lainnya. Salah satu bentuknya adalah pertukaran mahasiswa dan dosen. gis

Pemaparan “Corpus-Assisted Language Learning” oleh Xue Luo 

 

Penyampaian “English as a Medium of Instruction in Higher Education” oleh Ping Wang

Shared: