Zulkarnain, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UMM Juarai Lomba Debat ECCO 2021

Rabu, 23 Juni 2021 04:24 WIB   Administrator

Dalam rangka memperingati hari bumi 2021, Lombok Debating Troops (LDT) menggelar rangkaian acara seminar dan debat 2021. Zulkarnain, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2017 FKIP UMM bersama dengan tim raih juara 3 pada lomba debat tersebut.

Dalam menggunakan sistem debat, kompetisi kali ini menggunakan sistem debat terbuka yang mana Nain, begitu ia akrab disapa, tidak harus bertim dengan anggota yang memiliki afiliasi kampus yang sama, sehingga ia bertim dengan rekannya dari Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Negeri Malang (UM). Adapun persyaratan lain yakni peserta harus berasal dari Nusa Tenggara Barat.

Nain, mengaku dalam mempersiapkan lomba tersebut selain penguasaan materi, ia tidak melakukan persiapan khusus karena ia telah memiliki pengalaman dalam berbagai perlombaan sebelumnya. Hanya saja karena sistem lomba saat ini diadakan di tengah pandemi, ia dan rekannya perlu mempersiapkan hal teknis lomba seperti kesiapan jaringan karena lomba diselenggarakan secara daring.

Pengalaman Nain dalam lomba debat didukung secara moral oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM dan sekaligus oleh universitas karena Nain tergabung dalam UKM dan LSO yang memfasilitasi dan mengasah kemampuannya berdebat.

“Saya bangga bisa tergabung dalam berbagai perlombaan dan dalam kaitannya dengan lomba debat ECCO 2021 ini saya dapat membangun pikiran kritis dan solutif terhadap isu-isu lingkungan,” paparnya.

Zulkarnain menunjukkan sertifikat pemenang lomba debat ECCO 2021.

Shared: